Bandar Lampung, Intermedianews.co.id–Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Puji Raharjo melaunching Kelas Digital MTsN 1 Lampung Utara, Kamis (24/08/23).
“Apresiasi atas inovsi yang di kembangkan oleh MTsN 1 Lampung Utara, dalam mendukung program transformasi digital Madrasah, karena kelas digital ini adalah sebuah gagasan yang sangat cerdas dalam memanfaatkan potensi yang ada di era digital saat ini”, papar Kakanwil saat menyampaikan sambutannya.
“Dengan di gunakan media Digital ini juga di harapkan guru secara efektif, bisa menumbuhkan bahkan mengembangkan para siswa yang mempunyai kreativitas diri. Semakin kreatif, semakin tinggi juga tingkat stimulasi siswa, sehingga berdampak positif dalam proses belajar mereka. Dengan demikian nantinya di harapkan peserta didik mempunyai life skill yang memadahi dalam menyongsong era revolusi 4.0” tambahnya.
Kepala MTsN 1 Lampung Utara Untoro mengatakan bahwa kelas digital yang di launching Kakanwil ini adalah bagian upaya dalam rangka mendukung program Prioritas Kementerian Agama Terkait Transformasi Digital menurutnta Digital di zaman sekarang ini sangat penting karena Disrupsi teknologi yang sedang terjadi, juga berdampak pada dunia pendidikan. Salah satunya melalui transformasi digital di kelas dalam mendukung proses pembelajaran.
Namun sayangnya, belum semua sumber daya manusia di bidang pendidikan juga memiliki kesiapan yang sama rata dalam merespons disrupsi tersebut.
Sehingga masuknya transformasi digital dalam pembelajaran masih membutuhkan banyak Persiapan persiapan baik persiapan SDM maupun persiapan sarana lainnya.
Salah satu bentuk pembelajaran digital adalah menggunakan tehnologi dalam Kelas.
Tehnologi yang dimaksud menurut untoro adalah salah satunya penggunaan Papan tulis Panel Plus Touchscreen. Menurutnya banyak manfaat serta perubahan tata cara belajar baik guru ataupun peserta didik.
Media digital dalam Proses belajar mengajar dapat membantu menyampaikan informasi secara lebih jelas dan visual dan dengan menggunakan gambar, diagram, grafik, atau video, konsep-konsep yang kompleks dapat dijelaskan dengan lebih baik, sehingga memudahkan siswa untuk memahaminya.
Media pembelajaran digital ini membuat belajar lebih menarik dan memungkinkan siswa untuk lebih terlibat dalam proses pembelajaran.
Selain itu, media pembelajaran digital juga dapat membantu siswa untuk memperoleh keterampilan teknologi yang diperlukan untuk masa depan.
“Pembelajaran digital merupakan suatu sistem yang dapat memfasilitasi pembelajar agar mampu belajar dengan lebih luas, lebih banyak, dan bervariasi. Materi pembelajaran yang dipelajari lebih bervariasi, tidak hanya dalam bentuk verbal, melainkan lebih bervariasi seperti teks, visual, audio, dan gerak”, pungkas Untoro (Fadilah )